Save

Save

Time: 2:43

Tak Jadi Dirumahkan, Honorer Rohil juga Dapat Angsuran Gaji

Friday, 14 April 2017 07:00

BAGANSIAPIAPI - Tenaga honorer Pemkab Rohil sudah mulai tersenyum sumringah. Pasalnya, sejak tadi pagi, mereka sudah bisa menikmati hasil jerih payahnya dengan mendapatkan angsuran gaji selama dua bulan. Yang lebih menggembirakan, seluruh tenaga honorer Pemkab tidak jadi dirumahkan.

"Kita khawatir akan terjadi gejolak sosial jika seluruh tenaga honor dirumahkan. Namun sebaliknya, kita tentunya harus mengeluarkan anggaran puluhan miliar rupiah setiap tahunnya untuk menggaji mereka," terang Sekda Rohil, Drs H Surya Arfan MSi disela sela gelar pertemuan dengan seluruh awak media pada hari Rabu (12/04/2017) dilantai tiga kantor Bupati batu enam Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Surya mengungkapkan, dana untuk gaji honorer tahun 2016 yang terutang sudah selesai dibayarkan. Namun demikian, pembayaran untuk tahun 2017 belum bisa dilaksanakan mengingat ada kendala yang tidak terduga dengan ditariknya kembali dana oleh pusat senilai Rp94 miliar sehingga menyebabkan tertundanya pembayaran yang direncanakan pada bulan April ini.

Jujur ia katakan, dirinya baru menerima gaji hanya pada bulan Januari. Sedangkan tunjangan dan kesra belum bisa dibayarkan. Apalagi, pemotongan tunjangan ASN dari 30% bertambah menjadi 50%.

"Pengeluaran dana rutin tahun 2017 hanya diperbolehkan 50%. Otomatis tahun ini kita nihil kegiatan. Jadi pegawai dan honorer tidak ada kerjanya," ujarnya.

Namun demikian, dirinya berpendapat, dengan melihat kondisi seperti ini, tidak mungkin seluruh kantor harus tutup. Yang jelas, dana rutin tetap dikeluarkan hanya untuk membayar biaya listrik, alat tulis kantor, wifi juga termasuk gaji honorer yang terus berjalan serta pembayaran tunda bayar proyek fisik yang berakhir tahun per 31 Desember 2016 dengan progress pekerjaan 100%.

Rate this item
(0 votes)
Read 104 times

Leave a comment

Make sure you enter the (*) required information where indicated. HTML code is not allowed.

Get Our Newsletter

Find us on Facebook

MDO News

Muaradurionline.com lumbung Fakta Mengangkat Marwah

Badan Hukum PT. Muara News Indonesia

Default Theme
Layout Direction
Body
Background Color [r]
Text color [r]
Top
Top Background Image
Background Color [r]
Text color [r]
Bottom
Bottom Background Image
Background Color [r]
Text color [r]